Terapi Mandi Uap Rempah-Rempah di Tangerang

Terapi Mandi Uap Rempah-Rempah di Tangerang

Terapi Mandi Uap Rempah-Rempah di Tangerang dinamakan sebagai rumah “Engkong” , beralamat di Jalan Pembangunan V, RT 01/RW 04, Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Neglasari, kota Tangerang. Tempat ini persis berada di sampingnya “Kuburan Kristen” Kota Tangerang. (dekat dengan areal Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna Kota Tangerang)

Tempat mandi uap dengan rempah-rempah ini biasa disebut oleh orang sekitar sebagai rumah “Engkong”. Tempat ini merupakan tempat terapi secara tradisional / alternatif. Dengan biaya sekali mandi uap hanya Rp 25 Ribu saja (sepuasnya). Meski demikian, yang datang ke tempat ini dari berbagai macam kalangan, dari orang biasa hingga yang bermobil mewah.

Mandi Uap ini bagus sekali untuk relaksasi dan sekaligus untuk melemaskan otot-otot atau melemaskan syaraf-syaraf. Apalagi bahannya menggunakan uap dari rempah-rempah, sehingga sangat bagus bagi tubuh kita.

Apabila anda ingin berkunjung, maka tempat ini persis di samping “Kuburan Kristen” kelurahan Karang Sari, kecamatan Neglasari. Anda masuk ke sebuah Gang di samping kuburan tersebut.  Nah rumah pertama di dalam Gang tersebut, itulah tempat “Engkong”. (Tidak ada plang atau papan penunjuk di rumah ini)

Terapi Mandi Uap Rempah-Rempah di Tangerang

Inilah kamar-kamar mandi uap yang terdapat di rumah Engkong (mohon maaf bila ada yang fotonya agak gelap karena dari sudut yang tidak kena cahaya)

Terapi Mandi Uap Rempah-Rempah di Tangerang
Mandi Uap Engkong di Tangerang
berupa lorong yang terdiri dari kamar-kamar untuk terapi uap

Uapnya berasal dari rebusan berbagai macam rempah-rempah di dalam semacam panci-panci presto bertekanan tinggi, yang menggunakan selang-selang untuk mengalirkan uapnya ke dalam setiap kamar yang ada.

Terapi Mandi Uap Rempah-Rempah di Tangerang
Terapi Mandi Uap Engkong di Tangerang

Dalam setiap kamar terdiri dari 2 ruangan, satu adalah kamar mandi uapnya, dan satunya lagi adalah kamar untuk menggantung pakaian kita. Sehingga apabila kita kepanasan, bisa keluar dulu ke kamar pakaian tersebut, untuk kemudian nanti masuk lagi ke kamar mandi uapnya.

setiap 1 kamar mandi uap terdiri dari 2 ruangan. Satu utk mandi uapnya, dan satu lagi untuk gantung pakaian

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, mandi uap ini enak sekali untuk tubuh. Terasa rileks setelahnya, dan tidurpun menjadi nyenyak. 

Tetapi memang terasa panas di dalam kamar mandi uapnya, membuat keringat bercucuran banyak sekali, seperti diguyur air mandi saja. Tetapi disitulah bagusnya, sehingga badan menjadi segar sekaligus baik untuk relaksasi. Dan keringat yang keluar banyak sekali, yang mungkin bisa dibilang sebagai DETOX juga, yaitu membuang racun-racun dari dalam tubuh kita. Apalagi dipanaskannya menggunakan uap dari rempah-rempah yang notabene mengandung banyak Nutrisi yang penting untuk tubuh kita. Bagi saya terasa sekali detoxnya.

Mandi uap ini menurut saya bagus untuk para penderita penyakit seperti sakit-sakit pada otot ( seperti leher, kepala, punggung, seperti yang saya alami saat itu, yang menjadi alasan saya mengunjungi tempat ini), pegal linu, nyeri sendi, dan para penderita penyakit seperti Hipertensi (seperti ibu saya dan para kerabat), Diabetes, Kolesterol, Asam Urat dan lain-lain..

Bila ingin mandi uap, jangan lupa membawa handuk (tentunya anda telanjang saat di dalam kamar mandinya, karena keringat deras sekali bercucuran, sehingga butuh handuk) dan jangan lupa membawa minum, karena banyak berkeringat.

Saat berada di dalam kamar uap, biasanya hanya bisa bertahan 2-3 menit saja, lalu keluar sebentar ke ruangan ganti di sebelahnya, agar tidak kepanasan, lalu masuk lagi ke kamar uapnya, begitu polanya, agar tidak kepanasan. Anda bebas seberapa lamapun di dalam kamar tersebut, dengan biaya tetap sama Rp 25 ribu. Tetapi biasanya orang-orang sudah keluar setelah 20 – 30 menit. 

Setelah selesai mandi uap, anda bisa minum air sari kunyit yang dijual oleh pengelola dengan harga Rp 3 ribu per gelasnya.

Oh ya beginilah penampakan depan rumah Engkong : 

Terapi Mandi Uap Rempah-Rempah di Tangerang
Parkir cukup luas untuk mobil/motor. Dan ada yang jaga (tukang parkir)

Dan inilah ruang tunggunya :

Mandi Uap Rempah Tangerang
Mandi Uap Engkong di Tangerang

Demikianlah ulasan artikel mengenai Terapi Mandi Uap Rempah-Rempah di Tangerang 

Baca juga :